Tips

Tips Menghilangkan Kejenuhan dalam Bekerja dari Rumah

Sejak pandemi, opsi bekerja dari rumah menjadi alternatif bagi banyak perusahaan. Hal ini dilakukan demi meminimalisir resiko penyebaran, termasuk melindungi kondisi seluruh pekerja. Namun, bekerja dari rumah ternyata menimbulkan beberapa masalah baru. Banyak yang mengeluh seakan mereka selalu diburu waktu dan dibebani oleh berbagai meeting dan pekerjaan yang tidak ada habisnya. Dengan melakukan pekerjaan kantor di rumah, batasan antara kehidupan personal dan kehidupan pekerjaan pun terasa samar. Hal-hal ini tentunya dapat menimbulkan stress dan membuat energi terkuras. Namun tidak perlu khawatir, berikut adalah beberapa tips menghilangkan kejenuhan ataupun stress yang timbul akibat kebijakan work from home. 

1. Belajar untuk Mengikhlaskan

Merasa bahwa pekerjaan tidak ada habisnya? Atau jadwal meeting yang tidak kunjung kelar? Tenanglah, merasa stress akan situasi tertentu tidak akan membuahkan hasil yang baik. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mencoba untuk mengikhlaskan dan belajar untuk menjalani hari dengan semangat dan pikiran-pikiran yang lebih positif. 

 

2. Meditasi

Ketika kamu sedang dihadapkan dengan situasi yang membuatmu stress dan merasa terbebani, hentikanlah sementara apa yang sedang kamu lakukan. Lalu lakukan langkah-langkah berikut selama satu menit:

  • Tarik napas dalam-dalam sebanyak lima kali (perut kamu harus maju dengan setiap hirupan)
  • Bayangkan semua stress itu meninggalkan tubuh kamu dengan setiap hembusan napas
  • Tersenyum
  • Jangan ragu untuk mengulangi langkah-langkah di atas setiap beberapa jam di tempat kerja atau di rumah jika perlu

 

3. Relaksasi

Setelah sesi meditasi singkat tersebut, lakukan pemindaian tubuh untuk mengidentifikasi area bagian mana yang mengalami rasa pegal atau kurang nyaman. Pijat dengan lembut bagian tubuh kamu yang berada di bawah tekanan untuk mendorong relaksasi total (mungkin membantu membayangkan kamu berada di tempat yang menenangkan kamu: misalnya pantai, gunung, dll)

 

4. Belajar untuk Menikmati Prosesnya

Berfokus pada hasil akhir dapat menjadi melelahkan. Mengejar tujuan membutuhkan banyak waktu dan kesabaran. Bagilah menjadi beberapa sasaran kecil sehingga kamu akan memiliki beberapa alasan untuk menghargai hal yang sudah kamu capai dan melakukan perayaan. Memikirkan hal-hal positif secara konsisten dapat membantumu untuk menumbuhkan kesabaran, menjadi sebuah motivasi personal, dan menemukan lebih banyak sukacita dalam proses mencapai tujuan. 

 

5. Bayangkan Gambaran Besar

Ketika tingkat stress melonjak, tarik napas dalam-dalam, dan tanyakan pada diri kamu kembali:

  • Apakah hal ini penting untuk kamu? 
  • Apakah hal ini harus dilakukan saat ini? Atau dapat ditunda hingga minggu depan? Bulan depan? Tahun depan?

Petunjuk: Berhentilah memikirkan hal-hal yang tidak dapat kamu kendalikan, karena kamu hanya menyakiti diri sendiri dan menambahkan beban pada dirimu. 

 

6. Berhenti Menuntut Diri Sendiri

Kamu tidak sempurna dan itu hal yang biasa karena tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. Menuntut kesempurnaan diri kamu (atau siapapun) hanya akan membuatmu stress, karena hal itu adalah hal yang tidak mungkin. 

 

7. Berlatih Kesabaran Setiap Hari

Di bawah ini adalah beberapa cara mudah bagi kamu untuk dapat melatih kesabaran setiap hari, meningkatkan kemampuanmu untuk tetap tenang dan sejuk dalam menghadapi stress:

  • Melakukan window shopping (kamu juga melakukannya secara virtual melalui aplikasi e-commerce kesayanganmu)
  • Memakan makanan yang sudah lama kamu idamkan
  • Berjalan sejenak di taman terpencil atau tempat penuh pepohonan hijau

Hal-hal tersebut merupakan cara agar tetap tenang dalam menghadapi berbagai masalah, termasuk kejenuhan saat kamu bekerja dari rumah. Tetap semangat, ya!