Tips

Tips Traveling Aman di tengah Pandemi

Bagi kalian yang hobi berjalan-jalan, pasti tak sabar rasanya untuk melakukan traveling. Namun di tengah pandemi Covid-19, dibutuhkan persiapan yang matang untuk meminimalisir resiko penularan. Termasuk mencari informasi seputar destinasi tujuan, serta kebijakan dan protokol kesehatan yang telah diterapkan di destinasi setempat. 

Selain itu, tentunya kamu wajib membekali diri dengan perlengkapan tambahan seperti masker, hand sanitizer, tisu desinfektan, serta tetap menjaga jarak sosial. Meskipun sedang traveling, namun pastikan kamu untuk tetap waspada dan bertanggung jawab ya!

Berikut ini beberapa rekomendasi dan tips traveling aman di tengah pandemi yang dapat kamu ikuti:

1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Saat kamu sedang liburan, tentunya aktivitas yang kamu lakukan pasti akan berbeda dari rutinitas biasa seperti lebih banyak bergerak, berjalan kaki, bertemu terik matahari dan cuaca yang tidak menentu. Tubuh akan merasa lebih lelah akibat kegiatan yang kalian lakukan selama liburan, maka dari itu sangat penting bagi kamu untuk mengkonsumsi air putih lebih banyak daripada biasanya, agar tubuh kamu tetap kuat dan tidak dehidrasi. 

2. Istirahat Cukup

Selama liburan ini kalian harus tetap memastikan bahwa waktu tidur kalian tidak kurang dari 7-9 jam. Walaupun jadwal kalian memang padat tetapi apabila didukung dengan tidur yang berkualitas tubuh kalian tidak akan terlalu capek dan tetap memiliki waktu untuk beristirahat sehingga potensi terserang penyakit akan lebih rendah. 

3. Konsumsi Vitamin

Aktivitas yang padat saat liburan dapat membuat tubuh kalian menjadi lemah dan terserang oleh penyakit dengan lebih mudah. Maka dari itu penting bagi kalian untuk rutin mengonsumsi vitamin agar tetap menjaga daya tahan tubuh kalian. Sumber vitamin ini dapat kalian dapatkan dari makanan-makanan sehat seperti buah dan sayuran, atau kalau memang sangat terpaksa kalian setidaknya dapat mengonsumsi suplemen vitamin yang telah direkomendasikan oleh dokter kalian. 

4. Biasakan Mencuci Tangan

Biasakan untuk mencuci tangan kalian terutama saat sedang pergi liburan. Setiap kalian mengunjungi tempat yang berbeda pasti kalian menyentuh sesuatu dan kalian tidak menyadari bahwa telah banyak bakteri dan kuman yang bersarang di tangan kalian. Maka dari itu penting bagi kalian untuk mencuci tangan agar mencegah kuman dan bakteri menyerang tubuh kalian. 

5. Hati-hati Terhadap Makanan dan Minuman yang Beragam

Saat bepergian ke destinasi wisata, pasti terdapat makan atau minuman khas yang menjadi rekomendasi bagi para turis untuk mencobanya. Akan tetapi kalian harus tetap memperhatikan lho apakah makanan dan minuman tersebut aman atau tidak bagi tubuh kalian. Terutama bagi kalian yang memiliki riwayat alergi terhadap makanan tertentu harus benar-benar waspada. 

6. Atur Jadwal

Khusus di tempat-tempat umum seperti pasar dan kamar kecil, para ahli merekomendasikan untuk berkunjung pada waktu-waktu tertentu untuk menghindari kerumunan massa. Kamu bisa datang di pagi hari, atau tepat saat pasar dibuka. Tentunya dengan jumlah pengunjung belum terlalu padat seperti di jam-jam sibuk antara pukul 07.00-10.00 pagi waktu setempat.

7. Selalu Waspada

Jangan lengah saat berada di tempat atau fasilitas umum. Ingat, setiap orang memiliki kemungkinan untuk menyebarkan virus corona, bahkan tanpa menunjukkan gejala sama sekali. 

Demikian tips traveling aman di tengah pandemi. Sebelum kamu mengambil keputusan final, pertimbangkan dan pikirkan secara matang apakah kamu yakin untuk melakukan traveling di situasi seperti ini. Namun jika keputusan kamu sudah matang, pastikan kamu mengikuti tips tersebut dan lakukan persiapan maksimal agar liburanmu tetap aman dan terlindungi dari ancaman resiko.