Tips

Usai Sembuh dari Corona, Olahraga Apa yang Baik Dilakukan oleh Penyintas COVID?

Usai dinyatakan bebas dari virus corona, para penyintas COVID-19 disarankan untuk tetap melakukan olahraga dengan bertahap. Hal ini dimaksudkan untuk kembali melatih tubuh dan meningkatkan imunitas setelah dirawat dalam masa isolasi. 

Mengutip pernyataan berbagai ahli, olahraga dalam bentuk sederhana aman dilakukan pasca menderita Covid-19 seperti jalan cepat. Para penyintas pun tidak perlu merasa tertekan untuk kembali aktif berolahraga secara berat, karena semua orang memiliki masa recovery yang berbeda-beda. Bagi beberapa orang, mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk istirahat sebelum dapat berolahraga seperti biasa. 

Jalan cepat, bersepeda, dan yoga mudah untuk dilakukan sebagai opsi olahraga bagi para penyintas Covid-19. Yoga dan pilates juga akan membuat kamu mendapatkan kelenturan tubuhmu kembali, meningkatkan fungsi tubuh tanpa terlalu membebani tubuh. 

Olahraga yang dilakukan pun sebaiknya dilakukan secara bertahap mulai dari intensitas ringan. Selain itu, pastikan kamu juga meluangkan waktu untuk mendapatkan istirahat, cairan, dan nutrisi yang cukup. 

Kamu juga disarankan untuk berolahraga dan mencari bantuan medis jika mengalami salah satu gejala berikut saat berolahraga:

  • Nyeri dada atau sesak
  • Palpitasi jantung
  • Sesak napas dengan aktivitas minimal
  • Pusing
  • Pingsan

Agar olahragamu tetap aman, khususnya bagi para penyintas Covid-19, sebaiknya lakukan olahraga dibawah pengawasan profesional seperti pelatih kebugaran. Berolahraga di bawah pengawasan para pelatih kebugaran dapat memastikan latihan yang dilakukan sesuai dengan kondisi fisikmu, sembari tetap menyesuaikan dengan tujuan olahraga yang ingin dicapai. Untuk mencari pelatih kebugaran terpercaya, kamu bisa pilih pelatih kebugaran profesional yang terbiasa melatih di FITCO. Seluruh latihan dapat disesuaikan dengan preferensimu, mulai dari jadwal, lokasi, dan jenis latihan. Kamu pun bisa tentukan sendiri apakah latihan dilakukan secara virtual maupun langsung, yang tentunya dilakukan dengan protokol kesehatan. 

Yuk, mulai aktif olahraga kembali bersama FITCO!