Gaya Hidup Sehat, Uncategorized

Manfaat Nasi Shirataki untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

manfaat nasi shirataki

Nasi adalah menu makanan yang paling umum dan mudah ditemui di Indonesia. Meskipun terbukti sebagai sumber karbohidrat yang efektif, mengonsumsi nasi dalam porsi berlebih bisa menaikkan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah, memberikan dorongan untuk makan lebih banyak, dan berujung pada obesitas.

Sebagai alternatif, kini muncullah jenis nasi lain dengan kalori yang jauh lebih rendah, yaitu nasi shirataki. Kalori beras shirataki sendiri terhitung sangat rendah. Terbukti dalam 100 gram shirataki, mengandung 15 kalori, 0,02 gram lemak, 3,44 gram karbohidrat serta 0,19 gram protein. Selain itu, shirataki yang berasal dari akar tanaman konjak ini mengandung 97 persen air dan 3 persen serat glucomannan yang mampu membuat kenyang lebih lama. 

Manfaat nasi shirataki sendiri sangat banyak bagi kesehatan, terlebih jika dikonsumsi secara rutin. Yuk kita bahas satu persatu!

1. Menurunkan Berat Badan

manfaat nasi shirataki

Manfaat nasi shirataki yang pertama berasal dari serat glucomannan yang terkandung di dalamnya. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh National Institutes of Health US, mengonsumsi glucomannan akan memberikan rasa kenyang sehingga mampu menunda munculnya rasa lapar. Hal ini terjadi karena serat glucomannan mampu menekan produksi grehlin, hormon yang menstimulasi rasa lapar. 

2. Menurunkan Kolesterol

manfaat nasi shirataki

Manfaat nasi shirataki jika dikonsumsi secara rutin, terbukti mampu menurunkan tingkat kolesterol secara drastis. Melansir beberapa penelitian dalam PubMed juga menunjukkan bahwa glucomannan dapat menurunkan kadar kolesterol. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Journal of the American College of Nutrition tahun 2003 yang mencatat bahwa glucomannan meningkatkan jumlah kolesterol yang dikeluarkan melalui feses, sehingga lebih sedikit yang diserap kembali ke aliran darah. 

3. Mencegah Sembelit

Terbukti serat glucomannan ini memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh. Terlebih jika dikonsumsi secara rutin, serat glucomannan ini akan mengembang menjadi jelly ketika menyerap air, sehingga memicu dorongan untuk BAB, dengan cara alami yang lebih sehat. 

Sebuh uji klinis dalam jurnal Pediatrics 2004 pun menunjukkan sembelit parah berhasil diobati pada 45 persen anak kecil dengan menggunakan glucomannan. Sementara untuk orang dewasa, serat glucomannan memberi efek peningkatan dalam frekuensi buang air besar, peningkatan bakteri usus yang menguntungkan, dan produksi asam lemak rantai pendek. 

4. Menurunkan kadar gula darah

manfaat nasi shirataki

Berbeda dengan nasi, kadar gula dan kalori beras shirataki terbukti sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh glucomannan yang terbukti membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang mengonsumsinya. Berdasarkan penelitian yang dirangkum oleh PubMed Central, glucomannan berhasil menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes dan resistensi insulin. Serat kental menunda pengosongan perut, sehingga kadar gula darah dan insulin meningkat lebih bertahap secara perlahan, dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan. 

5. Menurunkan Risiko Kanker Usus Besar

manfaat nasi shirataki

Saat mengonsumsi shirataki, serat glucomannan hanya melewati sistem pencernaan dan dibuang melalui usus besar. Pergerakan itu akan menstimulasi otot pada usus untuk membersihkan saluran pencernaan. Akhirnya, sisa-sisa makanan dan racun pada tubuh pun akan keluar melalui feses. Hal ini membuktikan shirataki yang mampu membersihkan usus besar sehingga membantu penyerapan mineral dalam tubuh. Oleh karena kesehatan pencernaan merupakan inti dari kesehatan tubuh secara keseluruhan, maka mengonsumsi shirataki secara rutin mampu membantu memelihara kondisi tubuh dalam jangka waktu yang lama. 

Nah, terbukti banyak sekali manfaat nasi shirataki bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Kamu pun tak perlu takut berat badanmu bertambah jika mengonsumsi nasi shirataki, karena kalori beras shirataki yang sangat rendah.

Bagi kamu yang ingin segera mendapatkan manfaat dari mengonsumsi shirataki secara rutin, segera pesan beras shirataki terbaik dari FITCO. Selain itu, FITCO juga menyediakan aneka superfood, bumbu dapur, sayuran, dan buah-buahan segar sebagai makanan pelengkap untuk memenuhi seluruh kebutuhan gaya hidup sehatmu.